Menata Otak dan Jiwa

Ikhlas adalah sebuah kata, dimana anak manusia semua menyadarinya. Selalu dikatakan di mulut, tetapi pada prakteknya amat sangat sulit untuk dilaksanakan. Berbicara mengenai ikhlas adalah perkara menerapkan keimanan jiwa. Apa yang membuat sulit?. Ego, ego manusia yang menyebabkan ikhlas sulit, dan perasaan tidak bisa menerima kenyataan. Sepenuhnya ikhlas adalah merupakan rasa sakit, memaafkan sepenuhnya, dan tidak pernah membahasnya lagi. Saya pun sampai detik ini belajar, dan masih harus banyak belajar ikhlas. Belajar ikhlas atas segala kegagalan studi, ikhlas atas segala kehilangan, atas segala realitas yang tidak sesuai kenyataan, dan segala hal yang berjalan tidak sesuai rencana.

Baru-baru ini saya bertukar pikiran dengan seorang kawan yang cukup sepuh, dan banyak makan asam garam kehidupan. It is called TOXIC MIND. Apa itu toxic mind? toxic mind adalah ketika pikiran kita terlalu berfokus akan sesuatu, sehingga mendrive atau mengarahkan kita kepada hal tersebut. Tetapi sesuatu hal tersebut adalah menyakitkan. Kita mengetahui itu salah, tetapi masih tetap dilakukan, sehingga bica mengacaukan sistem pemikiran kita, karena terlalu fokus dalam pencarian apa yang membuat kita sedih, kesal, marah. Seperti kita tahu makan junk food itu tidak sehat, tetapi masih makan junk food. Addicted like marijuana, sadar salah tapi masih terus dilakukan. Pengalihan itu yang dibutuhkan.

Pengalihan seperti apa yang kita butuhkan?. Pengalihan yang bisa membuat pikiran kita teralihkan dan melakukan hal lain, dibandingkan melakukan hal-hal yang tidak bermanfaat untuk kita. Kenapa manusia masih melakukan toxic mind?. Karena kita memiliki energi berlebih dan bingung dengan apa yang akan kita tuju. Mengubahnya bisa dengan memfokuskan apa yang ingin kita capai, dan membut set timeline untuk meraihnya.  Contohnya apa?. Misalnya kamu pengen hidup sehat coba untuk buat reguler work out ke gym, jaga pola makan. Atau kamu pengen sekolah ke luar negeri, coba browsing ke negara mana kamu pengen tuju, spesifik negaranya, cari universitasnya, cari profesornya, terus kontak kasih tahu rencana studi kamu, perhatiin persyaratannya apa aja. Then working on that requirement.

Toxic mind, i means. It is related with sincerity atau keikhlasan, belajar mengolah negative mind, menuju something yang lebih useful dan berguna. Kebalikan toxic min mungkin bisa disebut juga mind talking or self hypnotize. Somebody sometimes talk, oke arahin terhadap  hal yang pengen kamu capai. Be focus, sustain,  and retain. Then the result will be awesome. Bicara ikhlas juga, bicara pengendalian diri. Mengendalikan apa yang ingin kita lakukan, kita jalani, then there is the reality.

Yuk belajar ikhlas, usir toxic mind, then convert into positive mind.


Comments

Popular posts from this blog

Apakah Kamu Bahagia ?

Quarter Crisis Life Part Jodoh & Kehidupan (Part 2)

Catatan Perjalanan Pendakian Gunung Argopuro (Hampir Meregang Nyawa di Tengah Ganasnya Kebakaran Sang Hyang Argopuro)