Tenangnya Laut....



Ketika mereka mengatakan, apa yang paling membuatmu tenang selain berdoa dan beribadah ?

Aku menjawab bahwa lautan membuatku tenang, ombak adalah suara alam yang paling menenangkan jiwa ini. Duduk diantara tepian pasir, memandang batas cakrawala diantara batasnya biru laut, memikirkan apa yang terjadi dan yang sedang dihadapi, seolah bercengkrama dengan diri kita sendiri. Memutuskan apa yang semestinya dilakukan.

Kalian tahu, kadang manusia itu butuh menyepi, bertanya kepada jiwa sendiri ingin apa, mau bagaimana, dan kehidupan seperti apa yang ingin dijalani.

Bahagia dan tenang adalah bagaimana aku, kita, kamu bisa bermanfaat bagi sekeliling. Bukan diukur dari apa yang dicapai, dan dimiliki. Bukan pula sejumlah materi dengan pekerjaan dengan jabatan nan tinggi.

Segalanya memang butuh uang, tetapi uang tidak dapat membeli kebahagiaan batin dan membuat jiwamu hidup. Hiduplah dalam tenang dan damainya hati, bukan menjalani hari dan hidup yang membuatnya seperti burung di sangkar emas, tetapi sedih.

Dan aku hanya ingin seperti camar laut, hidup bebas terbang lepas dalam indahnya matahari terbit dan senja tenggelam, damai seperti ombak, dan tenang dalam badai seperti gempuran ombak menerjang karang...


Ah lautan......

Comments

Popular posts from this blog

Apakah Kamu Bahagia ?

Cianjur Train Adventure

Quarter Crisis Life Part Jodoh & Kehidupan (Part 2)