Pendakian Ngelus Dada Bin Tobat : Gunung Welirang via Tretes

Menuju Puncak Welirang

Mendaki adalah kegiatan yang gue kutukin, track gila buat kaki pegel tapi selalu menagih pada akhirnya. Pasca resign dari kantor lama dan keyakinan nganggur sekian bulan buat ngejer pembuatan prosposal tesis. Akhirnya gue mutusin buat ndaki gunung-gunung Jatim sebagai pelipur lara thesis, which is kalo kerja dan punya cuti setahun hanya 12 hari nanjak gunung-gunung jauh pasti bisanya Cuma 2 gunung.Yes setelah argopuro ditangan, finally gue mutusin buat nanjak Gunung Arjuno Welirang. Niatnya sih mau double summit tapi gue tahu kok pada akhirnya hanya akan memilih salah satu. Because I knowmy limit. Welirang sendiri dalam bahasa Indonesia artinya Belerang.

Sebelah kiri Dimas, Yuli. Sebelah kanan Ayya, Subechi

Akhirnya meyisakan tanggal pada saat natal waktu pendakian akan dilaksanakan. Berhubung temen-temen pendaki lama udah sibuk dengan dunianya masing-masing. Akhirnya gue mutusin buat cari barengan dari forum kaskus sama BPI. Postinglah dan pada saat itu terkumpul 14 orang, pada akhirnya terkumpul 6 orang saja. Team tersebut adalah Gue cewek satu-satunya, Adadi, Subechi, Dimas, Yuli, dan Egi Bandung. Akhirnya waktu pelaksanaanpun dan yang sudah dinanti2kan pun tiba.

23 Desember 2015
Menjadi wanita satu-satunya di tim yang sebagian besar pria, membuat gue merasa sebagai mamih atau emak-emak rempong dengan 2 tas belanjaan logistik  kelompok dan naxi pula ke Stasiun Senen. Actually tim ini menurut gue personal yang paling buat gue gemez, diajakin kopdar udah pada susah, dan di grup whatsapp pada apatis pula. Ggrrrr firasat buruk sih sebenernya diawal. Berasa gue yang rame sendiri nyiapin ini itu.Then hari ini adalah ketemuan semua buat yang pertama di Stasiun Pasar Senen gue, Dimas, Yuli, dan Subechi. Secaratiket mereka berempat gue pulak yang beliin. Egi pake kereta dari Bandung, dan Adadi pake flight ke Surabaya mereka berdua janjian di Terminal Bungurasih Surabaya.

Jam nunjukkin pukul 15.15 akhirnya kereta Matarmaja meninggalkan Jakarta tercinta menuju Malang,985 km harus ditempuh selama 17 jam perjalanan. Dimas dan Yuli masih galau skripsi alias kuliah S-1, Subechi pun setaun diatas gue udah kerja sih. Perjalanan dibumbui dengan cerita ngocol sana sini, asik-asik aja cerita udah pada nanjak kemana aja. Bechi sih kayaknya udah punya pengalaman naik sana-sini anak ultra light kaskus pula,ow sujud gueh. Biasanya anak-anak UL apa solois sepengalaman gue nanjak biasanya pada egois, matter of personal view ye. Let’s prove !!

Eh ternyata eh ternyata gue dikereta Matarmaja ketemu lah sama Anggi dan Adrian temen sekampus gue dulu dan mereka mau nanjak Semeru. Kereta bagasi penuhnye sama keril semua. Ngobrol ngaler ngidul katanya Anggi udah ngelamar Eka sahabat gue. Yailehhh jodoh kaga kemana ye.

24 Desember 2015
Pukul 07.40 sampailah gue di Malang, perut udah minta carbo loading alias sarapan akhirnya kita ber-4 makan di Pujasera sebrang Stasiun Kota Baru Malang. Pesen nasi goring sebagai sarapan kita ber-4 dan ngenyagin perut sambil mantau grup anak-anak udah pada nyampek mana. Disinilah tragedy dimulai, Andika team gue asal Semarang yang harusnya ikut pendakian mendadak ga bisa dikontak, padahal doi bawa tenda kapasitas 2 orang. Mati lah maaak….

Taman sekitar pos perizinan ada rusanya juga

Akhirnya kita segera menuju Tretes dan carter angkot seharga Rp.40.000 dibagi empat sampai terminal Arjosari Malang, untuk kemudian menuju Tretes,Pandaan Pasuruan. Akhirnya kami carter bison atau Elf seharga Rp.150.000 sampai Pos perizinan Tretes. Selama diperjalanan gue kontak sama bro Egi dan Bro Adadi ternyata mereka udah nyampek duluan,dan gue suruh nanya apakah ada persewaan tenda apa gak. And jawabannya No !!!

Jalanan makadam menuju Pet Bocor  dari Pos Perizinan Tretes

Kesel campur aduk bête gue telponin tuh si Andika kalo emang ora jadi nanjak, ya kasih kabar. Toh dia bawa peralatan, kalo memang ga jadi kan bisa disipain dari Jakarta. Secara yang bawa tenda Cuma Subechi doi aja kapasitas 1 itu aja ala-ala ngebivak dan Adadi kapasitas 3, it means tenda kurang buat dua orang. Gue maki-maki aja tuh si Andika di whatsapp masalahnya kelakuannya wes kayak bocah, tenda itu vital dan ini kita mau main di alam. Gak ada tenda secara gak langsung sama kayak nyuruh mati.

Pet Bocor

Akhirnya kita wes Cuma bisa pasrah,jam 11.00 kita sampai di Tretes setelah gue mandi dan repacking kita jalan menuju pet bocor dimana Adadi dan Egi udah nyampek duluan. Jalanan menuju pet bocor dari perizinan adalah jalanan macadam alias batu yang tersusun rapih. Buat dengkulagak lumenyong. Dimas dan Subechi ngesot duluan seperti biasa gue nanjak paling belakang sama Yuli. Dalam hati gila nih orang pasti racing and ga bisa jadi sweaper. And my feeling it’s true.
Gapura selamat datang di Tahura R.Soerja

Setelah nyampek Pet Bocor kenalan lah gue sama Egi dan Adadi. Kita nunggu 30 menit kedatangan Yuli ternyata ga dateng-dateng then Egi sama Adadi mungkin udah kelamaan nunggu so mereka minta dipindahin deh yang mau dibawa sama keril mereka, nanti gue sama Dimas loading ulang dari keril Yuli.Sepintas ada feeling ga enak nih mereka gak mau nungguin team,biasanya pendaki kayak gini ngejoss duluan alias tipikal-tipikal egois deh.
Track pendakian Pet Bocor-Kopkopan

So akhirnya mereka ngacir duluan, dan beneran Yuli paling belakang karena kecapean dan beban logistik di kerilnya dia kepenuhan akhirnya di tata ulang lagi di Keril gue sama Dimas. Pet Bocor sendiri ditandai dengan warung sederhana yang jual makanan nasi bungkus seharga Rp.8.000 dan ada pipa pengisian air terakhir sebelum sampai di Pos Kopkopan. Pendaki disarankan isi air disini dan bawa per orangnya minimal 3 liter. Prediksi jarak Pet Bocor-Kopkopan adalah 3 jam pendakian.

Akhirnya jam 13.30 gue melanjutkan jalan dengan Dimas, dan Yuli belakangan. Pada akhirnya kita jalan maisng-masing, track bebatuan cadas dan rerumputan terbuka sesekali diselangi pinus. Jika mengikuti track bebatu pasti sakit banget, makanya kadang gue melipir ke track tanah meskipun sendirian ketakutan, soalnya rumputnya tinggi-tinggi. Tapi sebenernya bakal berujung di track utama batu juga. Dan gue lebih suka berada dijalur tanah sebelah kanan track utama ketika udah mau nyampe Kopkopan meski harus nerabas ranting. Inget ya boleh motong asal track utama keliatan jadi kita ga nyasar.

Pemdangan sepanjang jalur pendakian ditemani Gunung Penanggungan sejauh mata memandang

Gue jalan udah super woles, dan sampai di Kopkopan jam 16.30 ternyata trio racing Egi, Adadi, dan Bechi udah nyampe duluan dan tenda dah didiriin. Sambil nunggu Dimas dan Yuli gue masak berperan sebagai ibu yang baik. Beruntung gue ketemu anak Purwokerto di jalur yang kemudian tendanya malah sebelah-sebelahan dan gue nebeng di tenda mereka.

Lepas Magrib sampai jam 7 malem gue sempet nongkrongin tim yang turun buat titip pesen sama Dimas dan Yuli ditungguin ma kita di Kopkopan.Walhasil Dimas baru dateng jam 19.30 dan Yuli jam 20.30 dengan kabar kaki mereka kecengklak. Finally kita sepakat buat besok berangkat jam 6 pagi menuju Pondokkan dengan rencana langsung summit Welirang.

Pas mau tidur jam 9 atau 10 gue sempet marahin tenda sebelah soalnya berisik kali pasang music hard core segala, ditambah ABG labil cekakak2 ga jelas, sempet kecewa sih dikira ga bakal jadi kampung pendaki dan gak serame ini. Tahunya rame banget.Puncaknya pas jam 12 malam anak2 SISPALA berisik banget sampai gue keluar tenda dan nyenterin muka mereka satu-satu “ MBAK INI TUH GUNUNG ORANG CARI SEPI, JAM ISTIRAHAT ORANG PADA MAU TIDUR TOLONG JANGAN BERISIK INI JAM 12 MALAM !!!”

Sampai akhirnya mereka diem, dan gue lanjut tidur. Duh maaf bukannya galak, tapi kadang gemes sama pendaki sekarang yang gak tahu etika pas ada di gunung. Pendaki kekinian dan alay kadang ga hormatin satu dan yang lainnya. Emang yang lebay kadang harus didamprat biar diem.

25 Desember 2015
Alarm jam 3.45 akhirnya berbunyi gue bangun nyiapin sarapan buat anak-anak. Niatnya mau buat nasi goring yang ada nasinya malah kayak jadi bubur. Duh syedih deh gue. Akhirnya gue tahu masakan gue gak kepake. Hiks..gue sendiri hanya sarapan choco crunch dan susu coklat.
Jam 6.30 Bechi, Dimas, Adadi,dan Egi udah ngesot duluan hiks as usually. Gue sama Yuli belakangan sekitar jam 7.00 pagi. Ngeliat track batu begitu manyun lah gue, nanjak terus dan batu tiada ampun. Akhirnya liat ada team belok kiri nerabas jalur rumput gue ikutlah lumayan ga pegel kaki banget nanjak sih tracknya tapi batuan kali lebih halus and ada tanahnya. Disitulah  gue jatuh cinta dengan track tanah. Pada akhirnya track pendakian akan menyatujuga dengan track utama tapi disarankan kalo pake jalur motong ini pas cuaca cerah dan gak berkabut ya.

Track Kopkopan-Pondokkan
Kecapean yes, gue akhirnya tertidur di jalur selama 40 menit sambil nungguin Yuli ternyata masih ga keliatan, akhirnya gue memutuskan untuk lanjut ke Pondokkan, tracknya udah agak lebih landai dengan batuan yang tertata lebih halus dibandingkan pada saat menuju Kopkopan. Jam 11.30 gue nyampe di tenda seperti biasa trio racing udah duluan nyampe. So gak lama kemudian Dimas nyusul. Ketemu sama Bang Ipung anak Purwokerto ternyata doi mau lanjut Arjuno dan camp di Pasar Dieng. Kita say good bye lah.
Pinus sepanjang mata memandang

Anak-anak sepakat buat summit Welirang jam 12.30 okai gue tidur sebentar dan sepakat Dimas yang jaga tenda. Then 12.30 pun berbunyi adalah gue bersiap prepare for the worst gue pinjem keril deuter punya Dimas gue masukin P3K, Makanan, Air 2 liter, dan jas hujan. Tapi yang lain malah cuma bawa air doing, dan tas selempang. Mereka malah bilang “Lo ngapain sih ribet bawa keril segala, berat tahu lo ga bisa melangkah cepat”.Dan gue jawab “Prepare for the worst, kita main di alam ga bisa ngegampangin kemaren ada 2 orang nanjak ke Arjuno ga bisa turun karena badai, gue ga mau mati digunung”.

Track menuju Puncak Welirang

Then kita ber-4 akhirnya berangkat summit awal-awal sih masih keliatan mereka ber-3 udah paling depan, tapi lama kelamaan speed mereka jauh lebih cepet dan gue ketinggalan jauh. Sampai akhirnya gue sendirian di alas lali jiwo. Hiks down gue disitu bingung antara liat track dan jalur nanjak tiada ampun dan batu atau antara turun ke tenda lagi, tapi gue mikir udah jauh-jauh dari Jakarta ngorbanin waktu banyak masa ga nyampek puncak.Tapi tim gue shit abis pake ninggalin cewek sendirian ditengah hutan, seketika gue kangen tim nanjak gue yang lama ABhe, Bang Irwadi, Bang Wongso gue biasa berada ditengah tim yang saling back-up dan nungguin satu sama lain.Gak kayak gini, ditinggalin gitu aja. Tim itu susah seneng bareng-bareng gak kayak gini.
Hutan Alas Lali Jiwo

Sumpah serapah muncul dari mulut gue, dan mewek pula tengah hutan sendirian. Yes jadi cewek satu-satunya ditengah cowok-cowok kadang emang gak enak. Lo harus bisa berpikir dan bertindak laksana lakikdan kuat meskipun lo sebenernya gak kuat. Lo harus belajar tegar. Ditengah kegalauan gue akhirnya datang anak rombongan Surabaya gue bilang “Bang mau kepuncak ya, boleh bareng gak?”.”Mereka berlima dan jawab “Silahkan aja”.
Puncak sudah dekat

Finally gue lanjut ke Puncak Welirang barengan mereka, and you know what kadang yang dibutuhkan untuk sampai puncak itu hanya tim solidyang menghibur dan memotivasi lo sampai atas. Dan gue hutang nyawa sama mereka.
Bisa camp disini tapi siap-siap badai ya

Track dari Pondokkan sendiri sampai puncak Welirang sendiri adalah tanjakan dan bebatuan full diselingi hutan pinusdan kadang ditengahnya ada batu-batu. Bahasa lali jiwo sendiri artinya “jiwa yang lupa”disini konon katanya kalo jalan sendirian pendaki rentan nyasar. Tanda puncak sudah dekat adalah kawasan terbuka dan banyak bebatuan, buat yang udah pernah nanjak Gunung Papandayan persis kawah belerang juga udah mulai keliatan. Pendaki harus ambil jalur kanan untuk sampai puncak Welirang, sedangkan untuk menuju tambang Belerang itu belok kiri.
Melipir menuju puncak

Bareng arek Suroboyo

Jam 15.30 akhirnya gue hampir nyampe ke puncak welirang disini terjadi percakapan ngehe menurut gue yang gak pantes dilontarkan oleh pendaki yang udah nanjak kemana-mana,menurut gue sendiri jika seseorang sudah pro harusnya bisa ngimbangin anggota tim yang lebih lemah dan makin luwes.

Adadi      : “Akhirnya lo nyampe juga, gue istirahat disini sampai jam 4 sore kalo lo belum turun gue duluan”

Ayya       :”Oh silahkan duluan udha biasa ditinggal-tinggal” sambil gue berlalu ninggalin dia

Didepan gue posisi Egi sama Subechi pas turun. Kalo Egi Cuma diem aja.

Subechi  : “Mas titip ya sampai turun” (maksudnya nitipin gue, halow team kayak begini yang bener aja dari Jakarta kita bareng-bareng dan lo ninggalin gue ditengah hutan sendirian, susah emang nanjak sama anak UL, egois abis)

Ayya       : “Monggo duluan juga udah biasa ditinggal-tinggal juga” sambil gue judes dan berlalu ninggalin mereka ber-3

Subechi  : “Cie ada yang curhat….” (tanpa rasa bersalah pastinya)

Ayya       : “Loh faktanya memang begitu, ditinggalin kan?”

Akhirnya gue berlalu dengan perasaan mengkel dan gondok, inget tenda kurang orang dan anak Surabaya ngajakin nginep kebetulan sisa 1 space yaudah gue lanjut muncak, dipuncak Welirang gak lama karena angin berhembus kencang dan belerang udah mulai naik juga. Setelah ambil foto seperlunya kemudian kita turun dan carbo loading dulu.
Depan gua penangkaran kijang pada saat zaman penjajahan Belanda

Yes bener kata orang kalo pas turun itu adalah rentan nyasar karena gue pun mengalami, malah mau jatuh ke jurang dan salah jalan. Jika kalian nanjak sebaiknya memang berdua, jam 17.00 pada saat gue mau turun,gue ketemu Yuli dan dia posisi akan naik sendirian hanya bawa head lamp dan air 1,5 liter. Gue tawarin buat bawa keril lengkap doi gak mau katanya berat. Yaudah Cuma nitip pesen kalo sampai jam 10 malem ga turun, minta anak-anak 1 orang buat naik.

Puncak yeay

So gue lanjut turun sama anak Surabaya, bulan pada waktu itu terang benderang banget.Tim ini solid banget kalo satu kecapean semua break, ga ada yang saling duluan. Tepat jam 19.00 gue sampai Pondokkan dan mampir sebentar ke tenda anak Surabaya yang mana mau gue tumpangin. Setelah basa-basi sekedarnya akhirnya gue pamit buat ambil keril di tenda kelompok gue.
Menuju Puncak Welirang ambil arah Kanan ya

Setelah nyampein amanat Yuli kalo dia kenapa-kenapa minta tolong ada yang naik malah pada komen”Cari penyakit aja tuh bocah!!”. Sumpee gue kesel banget ama tim gue, pada kelewatan egois apatis parah. Setelah nagih duit konsumsi yang gue talangin,gue akhirnya bilang mau nginep di tenda anak Surabaya dan besok turun jam 7 pagi.Terus Adadi nyaut “Lo besok mau turun sama kita ga? Kita gak jadi ke Arjuno kalo lo disana sama mereka berarti emang lo bahagia”. “insha allah yang pasti gue turun jam 7 pagi besok”.
Puncak Welirang

Puncak Arjuno diujung sana

Dalam hati ogah gue turun sama mereka cukup tahu aja, mending kalo turun gue di back up ujung-ujungnya ditinggalin juga mana head lampgue rusak, gue emoh nanjak malam. Akhirnya gue pindah tenda dan jadi pengungsi di tendanya anak Surabaya. Dengan nasib Yuli yang entah gimana. Dan tim itu satu kesatuan gak kayak gini, mengedepankan egoisnya maisng-masing

26 Desember 2015
Tepat jam 7.00 gue sama anak Surabaya turun, gue udah gak mau liat dan noleh lagi sama arah tenda tim gue, udah muak rasanya. Gue bablas terus dan jam 9.30 gue udah sampai Kopkopan dengan jalur nerabas sehingga lebih cepet. Ngopi-ngopi sebentar terus langsung lanjut Pet Bocor dengan nerobos sana sini sebagian sih nerobos jalur pemburu burung jalur tanah dibawah jalur utama bebatuan. Lumayan lah hemat tenaga. Akhirnya jam 11.30 sampai di pos perizinan dengan menumpang mobil pick upyang udah ngangkut barang, lumayan rejeki anak soleh. Intinya pas turun lancer jaya. Bersih-bersih trus jam 13.00 cabut deh dianterin sampai Pandaan terus mampir rumah kawan. Nasib team gue I don’t know and I don’t care anymore.
Pagi dari Pondokkan

Thanks team Suroboyo
Bukan mau egois tapi merekaaja tega ninggalin gue, pada akhirnya gue tahu mereka bablas Arjuno (Dimas, Bechi, Adadi), Egi turun duluan, dan Yuli turun jam 12 siang. Tim ini mungkin tim paling kacau sepanjang sejarah pendakian gue, masih untung kita semua dikasih selamat. Tim yang paling berantakan masalah persiapan dan pendakiannya. Tim paling riweuh dengan orang-orang yang egois. Dan pendakian Welirang kali ini buat gue kapok buka di forum buat cari barengan dan kapok jadi TS trip nanjak. Cukup kali ini saja pendakian tobat, banyak ngelus dada

1. Saya jd ingat, dulu saya pertama kali jadi pendaki naik ke cikuray betul2 parah. Pertama kali naik gunung, ditinggalin sendirian, bawa tas depan belakang, kekurangan air,kabut dan hujan, plus kaki cedera! Baru sadar kalo itu tim paling brengsek, saya kecapekan bukannya ditolong malah di ketawain. Kalo inget rasanya mau bales dendam ninggalin.
    Makanya pernah naik sama mapala kampus, ada temen ngedrop. Akhirnya saya back up sampai puncak. Yg lain udah ngacir duluan ke puncak, alhasil nyampe puncak itu mapala kampus saya maki2 semua. Paling benci sama pendaki yg egois ninggalin temennya..
    Salam kenal ya..

@topi_rimba (twitter)

1. hallo kak salam kenal juga ya

pengalaman adalah guru yang paling berharga begitu kita diperlakukan tidak adil kita belajar untuk memperlakukan orang lain sebagaimana kita ingin diperlakukan. Alam membuka tabir siapa karakter manusia sesuangguhnya.

2. Bangsatt itu teamnya.. alhmdllah selalu punya tim solid

3. Bangsatt itu teamnya.. alhmdllah selalu punya tim solid

4. that's why ane msh mikir jd TS,,ga selalu kita ktemu org baru lgsg cocok,,cm masukan aja mba, resiko jd TS emang begitu, hrs siap racing ataupun sweeper, kecuali mba jalanny dgn org2 yg sdh d kenal dan sdh tau karakternya,,setiap pendakian jdiin pengalaman aja mba,,kalau bs saran sdkt aib selama pendakian jgn terlalu d umbar mba,,ambil positifnya aja mba,,salam rimba,,peace