Respect please...!!!



Kata -kata respect mungkin kata yang tak asing ditelinga kita. Mungkin kita sering mendengar "Kalau anda ingin dihargai,Hargailah orang lain".Yap..Kata - kata itu sangat benar,bagaimana mungkin kita dapat dihargai orang lain tapi kita pun tidak bisa menghargai orang lain.Kalo menurut hukum fisika "AKSI SAMA DENGAN REAKSI",atau kalo dalam kehidupan umum dikenal asas adanya KARMA,"Apa yang kita tanam itu yang kita tuai".



Saya rasa bersikap menghormati orang lain,adalah sebuah keharusan. Karena jika kita "respect" terhadap orang lain itu menunjukkan bahwa kita memang pernah dididik dan diajari dengan baik. Bahwa kita memiliki cukup manner atau sopan santun. Bahwa kita bukan orang udik,yang tak pernah mengenyam bangku sekolah.Jika kita memilki respect yang baik,(mungkin) orang lain pun akan baik pula terhadap kita.Sebab kehidupan adalah unsur timbal balik.




Respect bisa diartikan tahu tempat,tahu apa yang harus diucapkan,tahu bagaimana bersikap,dan tahu dengan siapa kita berbicara dan berhadapan. Itu semua menyangkut kemampuan komunikasi yang baik,memahami orang lain yang merupakan bagian dari Ilmu Psikologi,dan dengan respect terhadap orang lain,kita telah mengembangkan kemampuan interpersonal skill yang pada saat ini lebih dibutuhkan di dunia kerja dibandingkan kepintaran yang tinggi semata.




Respect terhadap orang lain diwujudkan dengan menjadi pendengar yang baik disaat seseorang berbicara dan tidak memotongnya,apabila berbeda pendapat menyampaikan dengan tenang dan tidak ngotot,dan yang penting TIDAK BERTERIAK !!!. Siapapun pasti merasa tidak dihargai jika dibentak dengan kata - kata yang meninggi dan dihadapan khalayak ramai. Hal ini saya alami bersama rekan - rekan saya ketika mengadakan suatu kerja sama dengan suatu pihak. Berteriak dengan suara lantang saya rasa bukan pemecahan masalah yang bijak jika terdapat ketidaksesuaian pendapat dan keinginan. Hal tersebut hanyalah menyulut api emosi dan kebencian,serta rendahnya tingkat penghargaan akan orang lain.Respect pun dapat diwujudkan dengan memilih bahan pembicaraan mana yang penting untuk diceritakan,mana yang tidak perlu.





Tetapi yang jadi masalah apabila kita sudah respect dan merasa baik terhadap orang lain,tetapi orang tersebut tidak bersikap seperti yang kita harapkan,atau malah mungkin bersikap kurang baik,atau dalam artian GA RESPECT..!! .Mungkin hal tersebut kadang membuat dongkol,hal itu saya rasa wajar dan sering terjadi dalam kehidupan sehari - hari. Terkadang kita menggerutu,kesal,ataupun dongkol.Tetapi menurut saya ini adalah suatu kesempatan,dimana kita tidak perlu marah atau kesal karena hal tersebut. Justru hal ini adalah pembuktian kita terhadap orang tersebut :

- Bahwa kita cukup memiliki sopan santun untuk menghargai orang lain

- Kita cukup tahu mana orang yang benar - benar patut dihargai dan pribadi yang hangat (Sehingga memudahkan kita mungkin dalam memilih teman,pergaulan,atau bahkan rekan bisnis).

- Dengan tidak respectnya orang lain,kita tahu bahwa mereka tak cukup layak untuk diajak berbagai sehingga kita tidak perlu repot - repot berinteraksi terlalu lama dan membuang - buang waktu bersosialisasi dengan mereka.

-Kita belajar memahami karakteristik dan mengklasifikasikan individu

-Kita belajar sabar dan memahami perbedaan yang ada



So untuk saya,orang lain ga cukup respect dengan kita ga jadi masalah yang pasti kita sudah menunjukkan value yang ada dalam diri kita,dan setidaknya kita telah memiliki sopan santun dan tahu bagaimana bersikap. Then take it easy...




Kita ga bisa maksa semua orang buat suka sama kita,karena kehidupan itu ada pro dan kontra. Tetapi perbedaanlah yang buat hidup makin berwarna dan menjadi pribadi yang matang menghadapi ketidaksesuaian :)

Comments

Popular posts from this blog

Apakah Kamu Bahagia ?

Cianjur Train Adventure

Quarter Crisis Life Part Jodoh & Kehidupan (Part 2)