#Part 2 Passion




Passion itulah yang kadang digamangkan diantara banyak orang. Bekerja karena kebutuhan hidup dan realitas, dengan gaji yang kadang pas-pasan. Yah itulah pilihan banyak orang. Mungkin sama kayak gue yang notabene nguli dan masih jadi babu orang plus muter otak buat cari sampingan bisnis travel gue. Sekarang gue amat sangat percaya apa apa yang orang kebanyakan katakan. Ikutin passion lo, maka duit bakal ngikutin. Yap excatly 100% itu bener banget.  Di part ini gue akan cerita kisah gue aja, Dan keajaiban apa itu namanya doa dan kerja keras.

Bangun bisnis itu gak gampang broh. Laksana buat sistem dan otak lo selalu berputar tiap saat. Dimana harus buat skema penjualan, sistem operasional, market research, dan analisa kompetitor. Bagaikan dari bangun sama tidur lo mikirin banyak hal. Yap kadang hidup banyak orang bergantung di pundak lo. Whatever the business is.. Make people believe it is not sure. Apalagi travel gue yang masih newbie dan independent. Semua mulai dari nol.

Tapi gue dapet satu hal, jadi pengusaha itu gak akan pernah berhenti belajar. Dimana akan membuat otak lo selalu tune-in dan berkembang terus. Singkat kata penuh tantangan. Untuk aktualisasi diri pas banget. Jadi pengusaha totally buat orang-orang di usia muda gue sangat-sangat salut luar biasa yang totalitas dan nyawa mereka ada disitu. But gue masih setengah-setengah. Living cost di Jakarta mahal jenderal. wkwkwk.... Sometimes lo harus muter otak buat cari sampingan kanan-kiri,

Pengalaman gue bangun bisnis travel dari nol ke satu alias tanpa modal sama sekali bukan mudah. Kadang enak kebanyakan orang. Enak ya lo jalan-jalan mulu tiap minggu. Bisa kesana kesini. Dalam hati gue senyum aja. Cuma jawab saya kerja dan service orang. Kita ini babu woiiii...hehehe...Dimana jasa lo mengumakan klien dulu, baru urusin lo. Ada manajemen kualitas yang harus dijaga, memuaskan orang banyak, menjaga kepercayaan dan komitmen. But always true that consumen is a king. Mereka tidak akan pernah mau disalahkan, Merasa sudah membayar jadi harus dapat pelayanan oke. very true !!

Follow your passion, is like driving your mind where wanna go. Lo yang nentuin mau kemana, dan menjalani hidup seperti apa. Mengikuti passion artinya lo berdiri diatas kaki sendiri, tidak bergantung hidup kepada orang lain alias ngerepotin. Tapi pada jalannya lo harus menjaga hubungan dengan banyak orang. Why ? Because of the success of business depends on networking and relation. So baik-baik deh sama orang ya.

Ngikutin passion bukan berarti lo jalanin bisnis atau kehidupan tanpa rencana. Success is a planning, mix with action, and let God does the rest. Bisnis dengan jutaan profit bukan tanpa kerja keras. Itu usaha tanpa kenal lelah dan dilakukan secara konsisten dan terus menerus. Dan berdoa pada akhirnya manusia bukan apa-apa tanpa keajaiban Tuhan. Kadang profit double digit yang bisa berkali-kali lipat gaji bulanan lo buat mupeng buat hidup hedon. But hey ingat roda berputar gak selamanya kita kaya dan hidup senang. So berhematlah, hidup sewajarnya, dan putarlah profitmu untuk investasi.

Percaya deh gak ada yang namanya sia-sia kalo usaha. Lo hanya butuh sedikit usaha lebih keras dari orang kebanyakan dan sabar lebih panjang. Penantian panjang selalu berbuah manis dengan proses yang matang. So decide what you wanna do being a worker or business owner or half worker half business owner like me. But remind the most important is time management and stay focus.


Comments

Popular posts from this blog

Apakah Kamu Bahagia ?

Cianjur Train Adventure

Quarter Crisis Life Part Jodoh & Kehidupan (Part 2)