Bandung vs Jakarta (Part 1)

 
Tulisan ini gw buat ketika perjalanan pulang menuju Bandung dari Jakarta. Karena koneksi internet lagi cusss,,abies… Buat gw ke Jakarta kali ini sangat beda karena banyak cerita dan cita. Satu hal yang ingin gw bagi,bahwa gw belajar untuk lebih baik lagi. Belajar dikritik lagi,belajar sabar terutama dalam mengatasi kerasnya kehidupan Jakarta. Saat gw berada di stasiun Bus Way Blok M Cuma gara – gara gw bergeser sedikit kearah ibu – ibu yang lagi antri mau naik Bus Way ,gw malah diteriakin “Gak Sopan banget “. Upzz…kaget banget sebelumnya,tapi kalo diladenin juga pasti Cuma nambahin masalah yang ada. So gw diem aja. Terus cerita lainnya,ego orang – orang di Jakarta itu aslinya gede banget. Ceritanya neh ya gw mau cari makan bareng temen – temen gw deket bilangan Blok M,karena gw vegetarian dan ga bisa makan daging akhirnya gw memutuskan untuk makan nasi goreng aja tanpa ayam,dan datanglah ke tempat orang yang jual nasi goreng,tadinya minta dianter ke tempat makan geng gongs gw,eh padahal jaraknya Cuma 20 meter si abangnya gak mau. Hadeuh..pedagang kaki lima aja punya gengsi ,alhasil setelah keliling – keliling ga dapet makanan yang  berupa sayuran dengan menahan malu gw balik lagi ke tuh si abang nasgor. Biarin dahhh….soalnya perut gw laper pisan brayy.. Nah beda cerita di tempat makan bareng geng gongs gw asli makanannya mahal pisan menurut gw yang anak kostan. Masa nasi putih aja 5 rb,porisnya dikit kali,dan tumis kangkung 7rb yang kalo gw beli seiket di pasar deket rumah atau di Bandung Cuma serebu perak. Haduh Cuma bisa ngelus dada aja. Jakarta oh Jakarta..Rasanya kalo inget begitu gw pengen mewek dan balik ke Bandung aja. 10 rebu tuh udah bisa buat makan gw 2 hari kalo gw mau hemat dan buat nasi sendiri.Ga heran kalo biaya hidup di Jakarta mahal visunndhhh…bisa 3 kali lipet dari Bandung. Hmmm..rasanya kalo inget begitu ogah gw hidup di Jakarta.Tapi emang bener pisan lah di Jakarta perlu mental sekeras baja dan sekuat tank tempur. Dimana semuanya saling berlomba,dan perih pisaaaannnn….

Teu usah jauh – jauh nyak,kuring teh naik Bus Way dari Kampung Rambutan – Kampung Melayu – Matraman – Dukuh Atas – GBK,karena kudu menghadiri Hari Tata Ruang 2011 bareng barudak Komunitas Sahabat Kota . Murah emang Cuma 3500 perak,tapi capeknya luar biasa edaaannn. Ga nahan cuy,kudu pageuwat – geuwat lumpat biar bisa duduk. Aslinya coy cangkeul pisan pas kebagian berdiri 15 menit oge. Gw jadi mikir dah mendingan di Bandung wae,teu kunanaon macet sejam oge,nu penting mah duduk.Hehehe..si otot kaki tuh berasa distrap,dan tegang,belum lagi tangan yang pegang ke atas. Rasanya gw kalo tiap hari begitu butuh pijat refleksi. Nah itu mungkin kelemahan dari bus way yang gw dapet. But ada juga poin positifnya kok.Buat gw sebagai mahasiswa yang masih dikasih duit terbatas,bus way jadi cara alternatif murah buat keliling Jakarta,dan jalan – jalan. Soalnya kita cuma perlu bayar 3500 aja buat sekali naik,walu berkali – kali transit di halte bus way yang berbeda – beda. Dan daerah yang dilewati bus way tuh daerah strategis lah. Hehehe…buka kartu dikit neh,baru kemaren juga pas pake Bus Way dari arah Blok – M ke daerah Harmoni gw liat langsung Bundaran HI,biasanya cuma liat di TV aja. Memang katro sih,tapi gw akuin aja walau dari kecil seringke Jakarta,tapi ga pernah ke Monas juga. Cuma numpang lewat aja kalo dari Stasiun Gambir.Hehehe… Niatnya gw mau balik lagi ke Jakarta kalo ada waktu luang,buat nyoba jalur bus way yang belom gw coba (Hahaha..terkesan bodoh dan niat pisan yak). But anyway,lebih baik nyoba kan daripada ga pernah tahu sama sekali.

Dan satu lagi yang pengen buat nangis – nangis darah,haduh Gusti Nu Agung beli pulsa yang 5rb aja harganya 8rb. Terus mau beli makanan sama minuman di minimarket aja,harganya bisa naik 50% - 100%. Haduh udah pengen nangis wae. Ngerti sih yang jual di stasiun mahal,dan mereka para investor mengambil kesempatan bahwa kalo buat orang yang berpergian segimana mahal,barang pasti dibeli aja. Karena jatuhnya butuh. Tapi mau ngambil untung boleh,Cuma yang wajar aja lah. Aslinya yah saran gw neh buat yang bau bepergian jauh mendingan bawa bekel sendiri deh. Selain lebih hemat juga lebih damai hati,karena ga ngedumel..hahaha…

Terus gw pake taksi tah dari lapangan Banteng ke daerah Kuningan,yang armadanya putih mah murah Cuma 21rb,tapi pas pulangnya ke Gambir 2/3 jalan aja lebih dari yang armadanya putih. Jah kalo sekali transport 50 orang di Jakarta,bisa ngangkot seminggueun di Bandung mah. Udah puas lah main kemana – kemana. Beneran. Emang bener hidup di Jakarta mah kudu tebel duit,makan,transport,sama tempat tinggal mahal banget. Dan emang pasti secara gak langsung buat mental jauh lebih tahan banting. Tapi buat gw Bandung tetep is the best lah. Murah sagalana. Gw masih bisa saving money lah di Bandung,jakarta 200rb tah Cuma 2 hari.Kikikikkk…Di Bandung mah segitu udah sejahtera sama maen tah bisa 4 – 5 hari.hihihi…Pengalaman gw dan temen – temen gw sih gitu…
Okey berooo…udahan dulu yah Bandung vs Jakarta (Part 1) kebeneran jari udah pegel dan udah mau nyampe Bandung ini. Tunggu part 2 yah J

Kereta Argo Parahyangan, 15 November 2011

-Tata-

Comments

Popular posts from this blog

Apakah Kamu Bahagia ?

Cianjur Train Adventure

Quarter Crisis Life Part Jodoh & Kehidupan (Part 2)